Wednesday, November 26, 2014

Potensi Hidroponik di Indonesia


Berbicara tentang sistem hidroponik. Indonesia masih terbilang kurang dalam pengetahuan membudidayakan tanaman tanpa tanah ini. Semua ini bukan semata-mata karena kurangnya berkembang sistem pertanian yang ada.

Justru, sangat disayangkan jika sistem hidroponik ini tidak dapat berkembang dengan baik di Indonesia. Meskipun Indonesia kaya akan tanahnya yang subur. Tapi, apakah tanah itu akan tetap subur jika terus menerus digunakan. Terus menerus diberikan pestisida. Semua ini kembali kepada diri kita masing-masing.

Hidroponik mengenalkan sistem di mana, kita bisa bercocok tanam tanpa menggunakan tanah. Sudah banyak yang melakukan hal ini di Indonesia. Tapi, tak jarang kebanyakan masih ragu untuk melakukan sistem hidroponik ini.

Pada dasarnya, hidroponik menjadi salah satu sarana untuk dapat meningkatkan jumlah produksi hasil pertanian. Bukan tidak mungkin, jika produk hasil hidroponik sampai ekspor. Pada kenyataanya, begitulah adanya hidroponik.

Jadi, tunggu apa lagi, mari kita berpindah untuk mengembangkan sistem hidroponik sehingga meningkatkan kesejahteraan petani di Indonesia.

HA-Hidroponik.